Ini Dia 10 Makanan Khas Banten


1. Rabeg Banten
Rabeg terbuat dari campuran daging dan jeroan kambing. Untuk menghilangkan bau prengus kambing, daging dan jeroan dimasak dengan berbagai rempah-rempah, seperti pala, kayu manis, cengkeh, daun jeruk, dan serai. Rabeg berkuah warna coklat sekilas menyerupai rawon atau semur. Rabeg Banten bisa ditemui dengan mudah di Serang dan sekitarnya.


2. Nasi Sumsum
Makanan ini terbuat dari sumsum kerbau atau sapi yang dibalut dengan nasi yang sudah dibumbui rempah-rempah. Setelah mencampur nasi dan sumsum, bungkus dengan daun pisang dan bakar sampai matang. Hingga saat ini, nasi sumsum menjadi kuliner wajib bagi wisatawan yang datang dari luar Banten.






3. Sate Bandeng
Makanan mirip sate lilit khas Bali atau otak-otak ikan ini berbahan dasar ikan bandeng segar dengan kualitas terbaik. Daging ikan bandeng dihaluskan dan dicampur dengan rempah-rempah pilihan. Dibungkus dengan daun pisang dan dibakar. Sate bandeng siap dinikmati dengan sepiring nasi putih.








4. Pecak Bandeng
Satu ekor ikan utuh dibakar sampai matang tapi tidak sampai terlalu kering atau gosong. Kemudian, di atas ikan bandeng diletakkan sambal khusus dan sedikit perasan air jeruk limau. Soal rasa tak perlu ditanya karena pecak bandeng ini menawarkan rasa yang gurih, sedap, dan sedikit pedas.








5. Kue Pasung Merah
Kue ini bisa ditemukan di pedagang-pedagang kue basah di pasar tradisional. Bahan utama pembuatan kue ini adalah tepung beras, gula merah, tepung sagu, dan santan. Semua bahan dibungkus dengan daun pisang hingga bentuknya mirip cone  es krim. Kukus sampai benar-benar matang. Siap disantap.








6. Sate Bebek Cibeber
Sate bebek disajikan dengan bumbu yang terbuat dari gula merah dan beberapa jenis rempah-rempah. Rasanya sudah pasti berbeda dan enak! Anda harus mencoba hidangan ini jika sedang berkunjung ke Banten.










7. Balok Manes
Balok Menes bahan utamanya singkong. Cara mengolah hampir sama dengan cara pembuatan gethuk. Singkong pilihan akan dicampur dengan minyak kelapa. Agar rasanya semakin lezat biasanya penjual menambahkan serundeng dan bawang goring yang ditaburkan di atas singkong ini.







8. Angeun Lada
Angeun Lada memiliki tampilan seperti garang asem. Makanan ini bisa ditemukan di Banten Selatan, Pandeglang, dan Lebak. Bahan utama antara lain daging sapi, sayuran (labu siam, wortel, terong, dan daun walang), serta beberapa rempah-rempah lain untuk menyedapkan rasa makanan.








9. Laksa Tangerang
Laksa Tangerang terbuat dari mie atau bihun, daging ayam, telur rebus dan tauge yang disiram dengan kuah berwarna kuning seperti kuah kari. Sebagai pelengkap biasanya kuah tersebut berisi kentang. Tambahkan potongan daun bawang di atas Laksa Tangerang agar rasanya semakin mantap.








10. Kue Cucur
Bahan pembuatan kue cucur sebenarnya sangat sederhana, yakni hanya tepung beras dan gula merah. Kemudian, adonan kue cucur akan digoreng dengan bentuk seperti telur dadar.


0 Response to "Ini Dia 10 Makanan Khas Banten "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel