Tempat Kuliner Sensasi Khas Kota Solo




destinesia kuliner
Timlo sangat populer di Solo. Saking terkenalnya nama makanan ini sampai digunakan sebagai nama kelompok parodi Timlo. Timlo merupakan makanan semacam sup, yang diberi daging ayam, ati ampela, sosis, keju dan kentang goreng. Di Solo anda dapat dengan mudah menemukan warung yang menjual timlo. Tetapi makanan khas Solo bukan hanya Timlo. Masih banyak lagi. contohnya, sate buntel, tengkleng, gudeg ceker, dan lain-lain. Di bawah ini sebagian diantaranya. 


destinesia kuliner
Bakso Solo
Jika sedang berkunjung ke Solo, jangan lupa menyempatkan diri makan bakso. Bakso Solo ini berasal dari bermacam-macam bakso di kota-kota Indonesia. Bakso yang terkenal di Solo antara lain Bakso Urat Alex di Jalan Honggowongso, depan Novotel Solo.






destinesia kuliner
Bebek Goreng
Bebek goreng H Slamet di Kartosuro. Ini yang terkenal. Alamat lengkapnya, di Sedahromo Lor RT 01 RW 07 Kartosuro. Seperti bebek goreng di berbagai tempat, bebek goreng di sana disajikan bersama dengan lalapan dan sambel. Sambel yang digunakan di bebek goreng H Slamet ini menggunakan sambel korek yang diletakkan pada cobek dari tanah liat. Pedas, tapi gak ngapokin.





destinesia kulinerGudeg Ceker
Gudeg plus ceker adalah makanan khas yang  bahan utamanya nangka muda, ditambah krecek (kulit sapi), telur, daging ayam dan ceker ayam. Gudeg Ceker Bu Kasno, di pinggir jalan (trotoar) di daerah Margoyudan (dekat dengan SMA 1 Solo, kalau dari Stasiun Solo Balapan ke arah timur. Gudeg Ceker Bu Kasno buka pada malam hari sekitar jam 1 malam sampai pagi jam 5an. Cocok untuk makan saur atau yang suka begadang.



Mie Gajah Mas
Kalau di Jakarta ada Mie Gajah Mada, di Solo ada Mie Gajah Mas. Terletak di sebelah barat Pasar Gede (dekat dengan Bank BNI), tepat di samping kali pepe. Menu yang ada di sana antara lain mie bakso, bakso kuah, mie ayam jamur, mie pangsit, kwetiau, pangsit goreng, dll. Mie Gajah Mas buka mulai 9 pagi sampai jam 9an malam dan selalu ramai setiap harinya.

destinesia kuliner

destinesia kuliner
Nasi Liwet
Datang ke Solo cobalah nasi liwet khas yang terdiri dari nasi gurih dengan sayuran Jipang, daging ayam, telur, santan kental (kumut), opor, dan berbagai bahan lainnya. Nasi liwet Solo biasa disajikan dengan pincuk, yaitu daun pisang dengan sedikit ditekuk dan disematkan lidi supaya berbentuk kerucut.
Tempat: Nasi Liwet Wongso Lemu, di Keprabon, Jalan Teuku Umar, dekat Kraton Mangkunegaran. Buka sore jam 16.00 – 02.00 dini hari.

Pecel
Makanan ini cocok untuk orang yang sedang vegetarian. Pecel adalah makanan yang terdiri dari berbagai sayuran mulai dari bayam, jantung pisang, nikir, daun petai cina, bunga turi, kacang panjang, dll, yang diberi sambal kacang. Warung pecel yang terkenal adalah Pecel Solo di Jl Dr Supomo No 55, Pasar Mbeling, Mangkubumen.

destinesia kuliner
Sate Buntel
Barangkali inilah sate khas Solo yang sulit ditemui di tempat lain. Sate buntel dibuat dari daging kambing cincang yang di-buntel (dibungkus) lemak kambing, baru kemudian dibakar. Buntel adalah bahasa jawa untuk bungkus. Sate buntel yang terkenal di Solo adalah Sate Haji Bejo, di Jl. Sebakung 10 Lojiwetan, tepatnya di belakang swalayan Luwes Sangkrah, seberang GKI Sangkrah. Warung sate lainnya yang juga terkenal antara lain Sate Kambing Tambak Segaran di Jl. Sutan Syahrir No 39 Widuran dan Sate Kambing Mbok Galak di Jl. Ki Mangunsarkoro Sumber, Banyuanyar, Solo.

destinesia kulinerSrabi Notosuman
Ini adalah pancake yang bahan adonannya terdiri dari tepung beras, santan, gula, garam, dan daun pandan sebagai pewangi, dan bahan lainnya. Adonan ini kemudian dipanaskan dalam suatu cetakan berupa wajan kecil yang kemudian ditutup dengan penutup dari tanah liat supaya serabi mekar. Letaknya srabi ini di sepanjang Jalan Moh. Yamin Notosuman. Toko Serabi Notosuman Ny Lidia, yang kotak bungkusnya warna hijau, dan Srabi Ny Handayani, yang kotak bungkusnya warna coklat/merah, termasuk yang terkenal di Solo.

Soto Triwindu
Banyak soto enak dan cukup terkenal di Solo. Diantaranya Soto Triwindu yang terletak di Pasar Barang Antik Triwindu, dekat dengan Kraton Mangkunegaran. Lalu Soto Kirana, di Jl. M Yamin, depan Masjid Kawasan Solo, serta Soto Gading, sebelah selatan Keraton Kasunanan Surakarta.

destinesia kuliner



destinesia kuliner
Tahu Kupat
Makanan ini terdiri dari ketupat, mie basah, taoge/kecambah, tahu goreng hangat, bakwan goreng yang dipotong-potong, dan taburan kacang goreng. Semua bahan tersebut disajikan dengan bumbu kecap manis encer dengan rasa bawang yang pas dan bawang goreng. Kalau suka, anda bisa menambahnya dengan telur dadar dan kerupuk. Diijamin rasanya semakin mantap. Tahu kupat di Solo yang terkenal adalah Tahu kupat Sholihin, di Jalan Jl. Gajah Mada, samping Masjid Sholihin. Dekat Stasiun Solo Balapan ke arah Hotel Sahid.

destinesia kulinerTengkleng
Ini makanan olahan yang bahan dasarnya tulang kambing yang memiliki sedikit daging yang menempel pada tulang tersebut. Dicampuri jerohan kambing, mata, pipi, kuping, dll yang diolah seperti gulai (berkuah kental) dan bumbunya sangat terasa. Tengkleng yang terkenal di Solo adalah tengkleng Bu Ediyem di Pasar Klewer Solo. Lokasinya di samping Gapura Pasar Klewer.





Timlo Sastro
Timlo merupakan makanan khas Solo. Isinya potongan daging ayam, jerohan ayam, potongan sosis solo, telur ayam pindang, dengan kuah mirip dengan sop dan di atasnya ditaburi bawang goreng. Biasanya timlo disajikan bersama dengan seporsi nasi hangat, sehingga orang menyebutnya nasi Timlo. Timlo yang terkenal di Solo adalah Timlo Sastro yang tempatnya di belakang Pasar Gedhe Solo. /*
destinesia kuliner


0 Response to "Tempat Kuliner Sensasi Khas Kota Solo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel