Surabi Paling Enak di Bandung dan Resep Mengolahnya



destinesia kuliner ikon kuliner indonesia
Destinasi ke Bandung mencari surabi, atau serabi, gak susah. Karena kota ini memang biangnya surabi. Ini adalah menu jajanan tradisional khas Bandung yang terbuat dari adonan tepung beras dicampur santan kelapa. Sebagai jajanan tradisional, awalnya surabi hanya memiliki dua varian rasa, yaitu rasa oncom dan kinca. Namun, kini kuliner khas Bandung ini sudah dimodifikasi menjadi puluhan varian rasa yang semuanya enak.



Surabi Imut, surabi Jalan Cikutra, Radja surabi, dan surabi Cihapit adalah 4 surabi yang paling enak yang kami rekomendasikan untuk diburu ketika anda berwisata kuliner di Bandung.

Surabi Imut atau Surabi Enhaii merupakan pelopor yang memodifikasi rasa surabi yang asalnya hanya 2 menjadi 23 varian rasa. Surabi yang berlokasi di Jl. Setiabudi ini memang sangat terkenal di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara.



Sesuai namanya, Surabi Jalan Cikutra letaknya memang di Jl. Cikutra dan berdekatan dengan Pasar Tradisional Cikutra. Di sini hanya menyediakan 3 rasa surabi, yaitu surabi polos, surabi oncom, dan surabi telor. Adonan surabi di sini benar-benar pas sehingga surabinya lembut banget, apalagi dimasak di atas wajan batu menggunakan kayu bakar. Jadi, rasa surabi ini dijamin enak banget dan bikin nagih.



Radja Surabi berlokasi di Jl. Pluto Raya No. 1 Margahayu Raya. Surabi ini benar-benar memiliki cita rasa yang unik dan berbeda dari surabi lainnya. Rasa surabi di tempat ini khas banget dan tidak ditemui di tempat surabi lain. Saat dimakan, daging surabinya begitu lembut dan lumer di mulut. Pokoknya, gak akan nyesel deh makan surabi di sini karena rasanya benar-benar enak banget.



Terakhir adalah surabi Cihapit. Disebut surabi Cihapit karena surabi ini dijual di Jl. Cihapit. Surabi yang paling enak adalah surabi oncomnya karena pedes banget. Selain surabi oncom, surabi polos di sini juga tidak kalah enak, apalagi ditambah kinca dan santan yang menghadirkan sensasi gurih manis. Bagian bawah surabi ini pun tidak keras seperti surabi lain dan yang lebih penting harganya murah banget.



Anda penasaran bagaimana rasanya? Jika Anda belum ada waktu untuk destinasi wisata kuliner ke Bandung, bagaimana kalau anda mencoba memasak sendiri? Berikut ini resepnya.



Bahan-bahan:

Kelapa parut,180gram (pakai kelapa muda)

Setengah sendok teh garam

Santan encer, 600cc

Air pandan, 120cc (anda bisa buat sendiri dengan menambahkan 4 daun pandan dan air lalu blender sampai halus)

2-3 sendok makan minyak goreng



Bahan Saus Gula Merah:

Santan kelapa, 600cc dr 1 butir kelapa

Palm sugar, 250gram

2 lbr daun pandan, robek kemudian ikat simpul

Setengah sendok teh garam



Cara Membuat Serabi Bandung

  1. Pertama-tama, tepung beras, parutan kelapa dan garam dicampurkan. Lalu tambahkan santan sedikit demi sedikit sambil di aduk-aduk.
  2. Wajan dipanaskan, masukan minyak goreng.
  3. Tuangkan dalam wajan sekitar 4 sendok makan adonan. Lalu wajan di tutup sampai muncul gelembung-gelembung kecil pada adonan dan serabi mulai mengeras. Kemudian angkat.
  4. Sajikan bersama saus gula merah. Cara membuatnya yaitu semua bahan sisa direbus. Diamkan hingga dingin kemudian tuangkan di atas serabi. Ketika membuat saus gula merah, anda juga bisa menambahkan buah-buahan seperti durian, nangka, cempedak dan sebagainya. /**

0 Response to "Surabi Paling Enak di Bandung dan Resep Mengolahnya "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel