Anda Harus Cicipi Kuliner Legendaris di Semarang Ini


Salah satu yang selalu diincar para wisatawan saat berlibur di Semarang adalah kuliner legendaris yang sudah ada sejak lama, karena memiliki kelezatan yang sulit ditemukan di tempat lain. Apa saja? Berikut ini sebagian kecil saja wisata kuliner yang legendaris dan wajib dicoba.

Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar
Gulai kambing yang lezat ini sudah ada sejak 1969. Lokasinya berada di kawasan Kota Lama, tepatnya di belakang objek cagar budaya Gereja Blenduk. Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar memiliki porsi mengenyangkan. Selain potongan jeroan dan daging kambing empuk, bumbu gulai begitu meresap ke dagingnya. Gulai di sini tidak begitu kental, namun tetap gurih. Agar lebih nikmat, anda wajib menyantap kuliner legendaris di Semarang yang satu ini dengan bawang merah mentah dan perasan jeruk nipis.

Ayam goreng Pakne Heksa
Ayam goreng Pakne Heksa dikenal enak dan murah. Tekstur ayamnya lembut dan memiliki rasa yang gurih, serta dipadukan dengan bumbu rempah yang lezat. Selain ayam goreng, tersedia pula menu lain seperti bebek, udang, lele, dan burung dara goreng. Warung Pakne Heksa juga terkenal dengan sambal yang langsung disajikan di atas cobek (sambal dadakan). Warung tenda Pakne Heksa berada di Taman Kuliner Ventura, Jalan Ki Mangunsarkoro No 15.

Bakmi Jawa Pak Ateng
Bakmi Jawa Pak Ateng terletak di Jalan Ki Mangunsarkoro, Karangkidul. Cita rasanya enak dan berbeda dari bakmi di tempat lain. Cara memasak masih menggunakan anglo (tungku) tradisional dengan bahan bakar arang. Bakmi Jawa Pak Ateng diracik menggunakan kuah kaldu ayam kampung yang dilengkapi daging ayam kampung suwir, telur, dan sayuran.

Babat Gongso Pak Karmin Mberok
Bertempat di warung sederhana, babat gongso di Warung Pak Karmin ditumis menggunakan bumbu khas dan kecap, yang tidak berubah sejak pertama kali buka pada 1971. Selain bumbunya yang gurih, babat gongso Pak Karmin juga empuk dan tidak berbau. Warung Pak Karmin terletak tak jauh dari Jembatan Berok, tepatnya di Jalan Pemuda. Meski hanya warung sederhana, pembeli yang datang tak pernah sepi. Di Warung Pak Karmin, tersedia juga nasi goreng babat yang tak juga wajib dicicipi.

Bebek Goreng Pak Thori
Bebek Goreng Pak Thori cita rasa bumbunya meresap. Tekstur dagingnya empuk. Kelezatannya semakin bertambah saat ditambahkan sambal dan nasi hangat. Bebek Goreng Pak Thori berada di Jalan Raya Gunungpati KM 15. Warung sederhana Pak Thori juga menyajikan menu lain seperti ayam goreng, ayam bakar, dan lele goreng. Semuanya juga disajikan dengan sambal yang bisa dipilih sesuai selera: sambal hijau untuk rasa sangat pedas dan sambal merah untuk pedas sedang.

Tahu Gimbal Pak Edi
Tahu Gimbal Pak Edi terletak di Jalan Pahlawan, yang tak jauh dari kawasan Simpang Lima. Sepiring tahu gimbal berisi potongan lontong, gimbal (bakwan udang), irisan kol, dan taoge. Bahan-bahan tersebut disiram bumbu sambal kacang khas tahu gimbal dan ditambah kerupuk udang. Tahu Gimbal Pak Edi menggunakan petis sehingga membuat sambal kacang memiliki cita rasa yang khas.

Pisang Plenet Pak Tuko
Pisang plenet adalah pisang bakar yang dipipihkan, lalu diberikan aneka topping. Kuliner legendaris ini berada di warung tenda Pisang Plenet Pak Tuko di kawasan Kampoeng Semawis. Pisang planet menawarkan cita rasa lebih lezat karena masih dipanggang dengan tungku pembakaran arang. Pisang Plenet Pak Tuko menawarkan aneka rasa, seperti cokelat, gula putih halus, kacang, keju, selai nanas, dan lainnya. Jajanan murah meriah ini menjadi favorit anak muda Semarang hingga kini.

Kue Lekker Paimo
Kuliner kaki lima ini memiliki bentuk menyerupai martabak, tetapi berukuran lebih kecil dan tipis. Kita bisa memilih aneka topping untuk rasa kue leker yang diinginkan. Kue Lekker Paimo berada di Jalan Karanganyar No 37 (depan SMA Kolese Loyola). Menu yang ditawarkan sangat bervariasi, mulai dari topping manis hingga topping asin. Kue lekker telur sosis keju merupakan menu favorit para pengunjung.

Es Puter Cong Lik
Es Puter Cong Lik dikenal sebagai salah satu kuliner legendaris di Semarang yang murah dan enak. Usaha yang dirintis sejak 1984 ini menempati warung tenda sederhana dan masih menggunakan alat pembuat es manual. Selain menggunakan bahan-bahan alami, mulai dari buah-buahan, gula, dan santan. Alamatnya di Jalan Ahmad Dahlan A No 11. /**

0 Response to "Anda Harus Cicipi Kuliner Legendaris di Semarang Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel