Ke Ibukota wajib jajal Gado-gado Siram Khas Jakarta



gado-gado siram kuliner khas jakarta
Inilah kuliner khas Betawi yang tidak bisa dipisahkan dari ikon tentang Jakarta. Racikan saladgaya Batavia ini isinya sayuran segar dengan siraman saus kacang yang gurih-gurih pedas. Disantap saat udara panas, sungguh lezat.



KULINER khas Jakarta ini bisa didapatkan di restoran, rumah makan hingga warung pinggir jalan. Racikannya berisi sayuran rebus berisi bayam, kangkung, kacang panjang, tauge, kol dan mentimun. Telur, tempe, tahu goreng, bawang merah goreng dan selada kadang menjadi pelengkapnya.

Sausnya yang kental dibuat dari kacang tanah, cabai, gula merah, garam dan bawang putih yang dihaluskan. Air asam Jawa ditambahkan untuk memberi aksen asam segar yang enak. Taburan emping dan kerupuk kanji menjadi pelengkap kuliner khas ini. Rasanya tentu saja segar, pedas, gurih sekaligus renyah!

Membuat gado-gado yang enak sebenarnya tidak sulit jika tahu caranya. Berikut adalah resep cara membuat gado-gado khas Jakarta sebagai salah satu ikon kuliner tradisional Insonesia. 

Bahan Untuk Gado Gado: Kangkung, Kentang, Kacang panjang/Buncis, Kol, Tauge, Wortel, Telur, Timun (tidak usah direbus), Emping melinjo, Krupuk.

Bumbu Siram Gado Gado: 3 lembar daun jeruk, 2 batang serai, 200ml air, 400ml santan.

Bumbu yang dihaluskan: 250gr kacang tanah (goreng/roasted), 4 siung bawang merah (1 buah bawang bombay), 2 siung bawang putih, 150gr gula Jawa (palm sugar), 3sdm kecap manis, garam, gula.


Cara Membuat Gado Gado Siram:

  1. Semua sayuran dan telur direbus matang.
  2. Bumbu dihaluskan dan ditumis dengan sedikit minyak sampai harum, ditambahkan daun jeruk dan serai lalu air dimasukkan dan terakhir santan.
  3. Sayuran yang sudah matang ditata di atas piring dan ditambahkan potongan telur, krupuk dan emping, lalu disirami bumbu. /**

0 Response to "Ke Ibukota wajib jajal Gado-gado Siram Khas Jakarta"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel